Review Xiaomi Redmi Note 9: Jagoan Smartphone 2 Juta Rupiah

Bagaimana perasaan anda saat menggunakan smartphone hero? Setidaknya itulah hashtag yang ingin ditegaskan Xiaomi Indonesia, saat keduanya meluncurkan seri Redmi Note 9 beberapa hari lalu. Disebut ParaJawara karena diklaim keduanya bisa menciptakan standar baru untuk smartphone kelas menengah.

Menjadi yang paling terjangkau, Xiaomi Redmi Note 9 punya daya tarik tersendiri terutama di segmen harga. Saya benar-benar puas saat menjajal Redmi Note 8 pendahulunya yang diluncurkan pada akhir tahun 2019 lalu. Menurut saya, penerus kali ini bukan datang dengan perubahan yang sangat besar, tapi harus. Karena seri sebelumnya memang bagus banget, jadi dilengkapi dengan beberapa perbaikan kecil di sana-sini jadi makin bagus.

Selain banyak penyempurnaan di sektor hardware, Xiaomi Redmi Note 9 juga menghadirkan fitur kamera yang bahkan tidak dimiliki semua smartphone terkemuka. Apakah dia pantas menjadi pahlawan? Berikut review saya mengenai smartphone Xiaomi terbaru seharga Rp 2 jutaan pada pertengahan tahun 2020 ini.

Design

Seri sebelumnya memiliki design yang, meskipun keren, terlihat cukup umum dan mirip dengan smartphone lain. Pada Redmi Note 9, Xiaomi menggunakan bahasa design baru, dengan design kamera utama simetris dan terletak di tengah. Xiaomi mengklaim hal tersebut membuat kesan yang besar meski berada di kategori mid-range. Dan memang benar, sedikit orang yang mengira bahwa smartphone yang saya gunakan adalah flagship, terutama dari bagian belakang.

Kamera utama sedikit menonjol, tetapi berkat bingkai persegi dan posisi tengah, smartphone benar-benar stabil saat disentuh saat berbaring di atas meja. anda tidak perlu khawatir mudah tergores, karena baik kaca depan maupun kamera belakangnya dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 5. Sensor sidik jari berada tepat di bawahnya. Awalnya saya pikir ini akan dengan mudah menyebabkan kamera menjadi kotor, tetapi selama penggunaan, saya tidak pernah kehilangan jari telunjuk saya. Ini menunjukkan bahwa situs tersebut memang benar.

Unit yang saya ulas kali ini adalah abu-abu tengah malam, yang terlihat agak ungu-biru, atau jika saya katakan biru beruang karena warnanya juga tidak gelap seperti biru tua. Densitasnya bisa bervariasi tergantung kondisi cahaya sekitar, sedangkan permukaannya agak matte, tidak sekilap Redmi Note 8. Dan sepertinya belum ada lapisan anti sidik jari, jadi agak kotor. Untuk yang ingin warna lebih cerah bisa memilih varian Forest Green atau Polar White.

Untuk perlindungan tambahan, bodi Redmi Note 9 mendapat lapisan P2i nano-coating, sehingga aman meski terkena cipratan air maupun tetesan hujan. Tapi ini tidak berarti bahwa jika hujan akan dijamin oleh jaminan, jadi anda harus menghindari situasi ini sebisa mungkin.

Layar

Usai meninggalkan konsep Waterdrop, Redmi Note 9 mengangkat DotDisplay dengan layar IPS berdimensi 6,53 inci. Dimensinya bertambah secara signifikan dari 6,3 inci dari yang tadinya membuat smartphone ini tampil sedikit lebih besar. Berbeda dengan varian Pro yang terdapat di tengah, bukaan kamera Redmi Note 9 ditempatkan di kiri atas layar.

Dengan pernyataan full HD+ serta perbandingan 19. 5: 9, mencapai semua bagian layar dengan satu tangan hendak terasa sedikit sulit. Untungnya Xiaomi bagikan bentuk satu tangan( one- handed bentuk) lewat MIUI yang dibawa. Tingkatan kecerahan maksimumnya 450 nits, telah lumayan buat pemakaian di luar ruangan. Kombinasi warnanya bagus dan konsumen bisa memilah buat lebih adil ataupun lebih bercorak melalui menu pengaturan.

Catatan kecil, saat melihat warna putih atau abu-abu, cahaya di bawah layar dan sekeliling kamera depan akan terlihat sedikit berbeda. Ini masih normal untuk layar IPS, dan anda dapat memanfaatkan mode gelap untuk menyembunyikannya.

Kamera

Dengan cara perangkat keras, kamera Redmi Note 9 memiliki bentuk kamera penting yang serupa. Pemeriksaan kuncinya memiliki pernyataan besar 48MP f atau 1, 79, dengan kamera ultra wide- angle 8MP f atau 2. 2 serta 2 kamera 2MP f atau 2. 4 tiap- tiap buat besar dan depth- sensor. Kamera besar memiliki bentang fokus antara 2cm hingga 10cm, sesuai buat kalian yang kegemaran gambar subjek dari jarak dekat.

Di layar utama aplikasi kamera, Xiaomi memberikan opsi HDR dan AI otomatis yang dengan cara otomatis mengetahui subjek ataupun atmosfer gambar serta memberikan sentuhan warna dan pencerahan supaya gambar nampak lebih menarik. anda dapat menggunakan mode 48MP atau standar yang mengutip gambar pada resolusi 12MP. Ada modifikasi

Ya, semua parameter dalam mode manual untuk pengambilan gambar juga tersedia dalam mode video profesional ini. Bahkan Xiaomi menawarkan fitur handal yang lain semacam peak focus, memberikan data yang amat nyata buat membuktikan titik fokus kamera, bahkan histogram. Untuk efek sinematik, anda bisa merekam dengan aspek rasio 2,39: 1. Untuk smartphone seharga 2 jutaan rupiah, fungsi perekaman video profesional pada Redmi Note 9 pantas mendapatkan apresiasi yang sangat tinggi.

Xiaomi Redmi Note 9 bisa merekam film dengan resolusi hingga 1080p dan 30fps di kamera depan dan belakang. Sedangkan Buat fitur hiburan yang lain, ada bentuk Kaleidoscope dengan enam pilihan dan selfie slow motion 120fps. Kamera depannya beresolusi 13 megapiksel dengan slot lensa f / 2.4, yang merupakan kualitas yang sangat bagus dengan efek gambar yang bagus, bahkan melalui pemrosesan digital saja.

Keempat kamera belakang memiliki kualitas yang tidak jauh berbeda dengan Redmi Note 8, dan mungkin menjadi salah satu kamera terbaik di kelasnya. Seberapa muda saya …

Fitur

Redmi Note 9 menjalankan MIUI 11 berbasis Android 10. Pada tulisan ini, Xiaomi baru saja merilis pembaruan keamanan untuk Juni 2020, mengikuti MIUI 12 di masa mendatang. MIUI 11 menawarkan tampilan yang sangat stylish dengan banyak penyesuaian yang disimpan dalam pengaturannya. Yang saya suka, pengguna Capsa Susun Online Uang Asli sekarang dapat memilih opsi untuk menggunakan laci aplikasi. Tidak suka menu kubah aplikasi di ujung kiri layar beranda anda? Xiaomi menawarkan opsi untuk menggantinya dengan Google Discover, yang membuatnya mirip dengan stok Android. Jadi lebih cepat mengakses berita yang relevan sesuai selera.

Catatan kecil, ketika saya menggunakan Google Discover, transisi halaman menjadi sedikit berombak seiring waktu. Selain itu, menavigasi saat anda kembali ke layar beranda, sekali atau dua kali di dok atau daftar aplikasi di bawah ini tidak terlihat hingga layar disentuh lagi. Gerakan layar penuh juga tidak dilengkapi dengan kemampuan untuk beralih aplikasi dengan menggesekkan dari bawah dan langsung …

Kinerja

Kali ini, Xiaomi memutuskan menggunakan chipset MediaTek untuk Redmi Note 9. Smartphone ini menjadi yang pertama di Indonesia yang menggunakan Helio G85 yang baru diluncurkan pada Mei lalu. Dengan arsitektur delapan inti, CPU berisi inti ganda Cortex A75 hingga 2GHz dan 6 inti Cortex A55 untuk pemrosesan ringan. Seperti seri G70 dan G80, chip ini menggunakan proses manufaktur 12nm.

Sebagai chipset seri gaming, GPU ARM Mali-G52 yang digunakan memiliki clock speed 1GHz dan dilengkapi dengan fungsi HyperEngine untuk meningkatkan pengalaman gaming secara keseluruhan. Tentunya bermain game seperti PUBG: Mobile dan Mobile Legends sangat mengasyikkan meski dengan grafis level tinggi. Selain itu, versi yang lebih murah kini hadir dengan RAM 4 GB / 64 GB dan konfigurasi penyimpanan internal, dengan opsi 6 GB / 128 GB bagi mereka yang menginginkan pengalaman multitasking yang lebih baik.

Baterai

Karena dimensi keseluruhan yang sedikit lebih besar, Xiaomi bisa mengintegrasikan baterai dengan kapasitas lebih tinggi. Redmi Note 9 memiliki baterai yang cukup besar yaitu 5020mAh yang dikatakan dapat bertahan lebih dari 2 hari. Untuk saya pakai, smartphone ini bisa berjalan sekitar 40 jam, yaitu dua hari (sebelum malam hari kedua), dengan screen time sekitar 7,5 jam.

Ini termasuk menggunakan hotspot seluler selama lebih dari satu jam dan selalu menghubungkan ke jam tangan pintar melalui Bluetooth. Saat baterai habis, anda tidak perlu menunggu lama untuk mengisinya. Redmi Note 9 mendukung pengisian cepat 18W melalui port USB-C. Jika seri sebelumnya hanya dibekali charger 10W, kali ini Xiaomi menawarkan adaptor 22,5W. Pengisian 1 jam adalah 46%, 2 jam 85%, yang memakan waktu sekitar tiga jam.

Kesimpulan

Dengan harga perkenalan Rp 2,3 juta untuk edisi termurah, Xiaomi Redmi Note 9 memang pantas disebut juara di kelasnya. designnya lebih modern, simetris, dan berbeda dari yang lain. Layar depan juga menggunakan tampilan DotDrop. Performanya sangat cepat, dan kualitas kameranya bagus dengan banyak fungsi, termasuk mode profesional untuk foto dan video.

Ada sedikit kekurangan pada software yang belum cukup sempurna, yang biasa terjadi pada smartphone yang masih baru dan perlu diperbaiki dikemudian hari. Jika sobat Gizmo sedang mencari smartphone seharga Rp. 2-3 jutaan, Redmi Note 9 bisa memberikan nilai terbaik saat ini.